Info Pilkades: PPKD Saukang Tetapkan Waris sebagai Cakades Terpilih 2022-2028

Info Pilkades: PPKD Saukang Tetapkan Waris sebagai Cakades Terpilih 2022-2028

Desa Saukang – Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Saukang menetapkan nomor urut 2 saudara Waris sebagai calon kepala desa (Cakades) terpilih melalui rapat pleno rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan suara di Sekretariat PPKD Saukang, Kamis (17/3/2022) malam.

Rapat pleno tersebut dipimpin langsung Ketua PPKD Saukang Ambo Sakka, dan didampingi para anggotanya. Turut hadir Pj Kepala Desa Saukang Muhammad Rusli, Ketua BPD Saukang Muhammad Ridwan, para Cakades bersama saksinya, Bhabinkamtibmas Saukang Aiptu H Ahmad Patawari, Babinsa Saukang Koptu Abd Rasyid, dan unsur masyarakat lainnya.

Ambo Sakka menyampaikan bahwa penetapan Cakades terpilih berdasarkan Berita Acara Pemungutan dan Penghitungan Suara di 4 TPS, yang selanjutnya di rekapitulasi oleh PPKD dalam Berita Acara Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara.

Dari jumlah 1886 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), hadir dalam pemilihan sebanyak 1490 pemilih dan 406 pemilih tidak hadir.

Adapun rekapitulasi hasil penghitungan suara Cakades Saukang, yakni nomor urut 1 Drs Arifuddin, MM memperoleh 227 suara, nomor urut 2 Waris 662 suara, nomor urut 3 Abd Razak 93 suara, nomor urut 4 Muhammad Ali Hanafi 117 suara, dan nomor urut 5 Subair, SP 378 suara.

Cakades terpilih Waris (tengah) diapit oleh Pj. Kades Saukang Muhammad Rusli dan Ketua PPKD Saukang Ambo Sakka. (foto: Juliati/doc. PPKD Saukang).

“Berdasarkan perolehan suara kelima Cakades, saudara Waris nomor urut 2 adalah peraih suara tertinggi sebanyak 662. Dengan demikian, PPKD Saukang menetapkan saudara Waris sebagai Cakades terpilih periode 2022-2028,” jelasnya.

Setelah penetapan ini, sambung Ambo Sakka, PPKD akan menyampaikan hasil rapat pleno kepada BPD Saukang paling lambat 4 hari sesuai ketentuan Peraturan Bupati Sinjai nomor 30 tahun 2021

“Hari ini sudah ditetapkan Surat Keputusan PPKD Saukang tentang Calon Kepala Desa Saukang Terpilih periode 2022-2028 dan akan kami laporkan kepada BPD Saukang, yang selanjutnya diteruskan kepada Camat Sinjai Timur lalu ke Bupati Sinjai,” terangnya.

Terakhir, Ambo Sakka selaku Ketua PPKD Saukang bersama anggotanya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Saukang.

“Apabila dalam penyelenggaraan Pilkades serentak 2022 ini ada salah atau kekhilafan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya,” tutupnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan Peraturan Bupati Sinjai nomor 30 tahun 2021 di Pasal 96 tentang Pengangkatan dan Pelantikan, bupati atau pejabat lain yang ditunjuk mengambil sumpah dan melantik calon kepala desa terpilih paling lambat 30 hari sejak diterbitkan keputusan mengenai pengesahan dan pengangkatan kepala desa.

 

0 Komentar


Ini adalah website resmi pemerintah Desa Saukang, melalui website ini kami berkomitmen untuk mewujudkan transparansi pengelolaan Desa untuk kemajuan kita bersama. Saran dan masukan kami harapkan dari semua warga Desa.

Lokasi Kantor Desa

JL. Toamba dg Pasampo Borong Uttie, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Kode Pos: 92671.

Pemerintah Kabupaten Sinjai

Dukcapil Kabupaten Sinjai

Kecamatan Sinjai Timur