Info Pilkades: PPKD Saukang Atur Teknis Kampanye Cakades, Berikut yang Dilarang

Info Pilkades: PPKD Saukang Atur Teknis Kampanye Cakades, Berikut yang Dilarang

Desa Saukang – Kampanye pemilihan kepala desa resmi akan digelar. Hal itu sesuai hasil musyawarah teknis pelaksanaan kampanye yang diadakan Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Saukang, yang berlangsung di Aula Kantor Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Senin (28/2/2022).

Dihadapan para calon kepala desa dan peserta musyawarah yang hadir, Ketua PPKD Saukang Ambo Sakka mengatakan bahwa berdasarkan jadwal tahapan Pilkades yang akan memasuki masa kampanye, maka secara terbuka panitia menyampaikan teknis-teknis pelaksanaannya.

“Teknis pelaksanaan kampanye ini sengaja kami gelar secara terbuka agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, baik antar calon maupun antar tim atau pendukung calon,” katanya.

Ambo Sakka menjelaskan, waktu pelaksanaan kampanye calon kepala desa sebagaimana diatur dalam Peraturan Bupati (Pebup) 30 tahun 2021 diterangkan bahwa hanya diperkenankan dalam tiga hari, terhitung tanggal 11 hingga 13 Maret 2022.

“Kami dari panitia telah mengaturkan waktunya bagi para calon untuk berkampanye di empat dusun di Desa Saukang. Jadi menghindari lima calon bertemu di satu tempat, maka kita telah mengaturkan jadwalnya,” jelasnya.

Selain jadwal kampanye di empat dusun, PPKD Saukang turut menyampaikan larangan bagi calon kepala desa dalam berkampanye. Larangan itu diantaranya konvoi atau pawai, menghina sesama calon, menghasut atau mengadu domba perorangan atau masyarakat, mengganggu ketertiban umum, mengancam melakukan kekerasan, menggunakan tempat ibadah dan pendidikan, menghilangkan atau merusak alat peraga calon lain, membawa atau menggunakan gambar calon lain, dan menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya kepada masyarakat.

Tak hanya itu, saat berkampanye, calon kepala desa dilarang membawa atau mengikutsertakan PNS, TNI POLRI, Pejabat Kepala Desa, BPD, Aparat Desa, Pengurus Partai/Anggota Dewan, anggota masyarakat yang tidak memiliki hak pilih, anak-anak dan orang luar desa, PPKD, dan KPPS.

Lokasi pemasangan, aturan atau ukuran, dan waktu penurunan atribut baliho turut disampaikan dalam musyawarah teknis tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua BPD Saukang Muh Ridwan, Bhabinkamtibmas Saukang Aiptu H Ahmad Patawari, Babinsa Saukang Koptu Abd Rasyid.

0 Komentar


Ini adalah website resmi pemerintah Desa Saukang, melalui website ini kami berkomitmen untuk mewujudkan transparansi pengelolaan Desa untuk kemajuan kita bersama. Saran dan masukan kami harapkan dari semua warga Desa.

Lokasi Kantor Desa

JL. Toamba dg Pasampo Borong Uttie, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Kode Pos: 92671.

Pemerintah Kabupaten Sinjai

Dukcapil Kabupaten Sinjai

Kecamatan Sinjai Timur