Bantu Warga Peroleh Sertifikasi Tanah Gratis, Pemdes Saukang Sosialisasi Door to Door

Bantu Warga Peroleh Sertifikasi Tanah Gratis, Pemdes Saukang Sosialisasi Door to Door

Desa Saukang – Pemerintah Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai terus melakukan sosialisasi dan percepatan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Program prioritas Badan Pertanahan Nasional melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Sinjai kerjasama Pemdes Saukang ini, berlangsung sejak Juni 2022 di Kantor Desa Saukang.

PTSL adalah program sertifikasi tanah gratis dari pemerintah. PTSL merupakan proses pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Menurut Kepala Desa Saukang Waris, program PTSL yang dicanangkan BPN Sinjai di Desa Saukang sangat membantu dan memudahkan warganya dalam proses pengurusan penerbitan sertifikat tanah.

“Syukur alhamdulillah, tahun ini Saukang kembali mendapatkan kuota program PTSL. Program ini sangat membantu warga, sebab selain tidak perlu ke kantor pertanahan, juga tidak dipungut biaya oleh pihak pertanahan,” ungkapnya, Selasa (5/7/2022).

Olehnya itu, kata Waris, guna menyukseskan target percepatan program prioritas nasional pemerintah pusat tersebut, dirinya telah menginstruksikan para perangkatnya untuk aktif menyampaikan kepada masyarakat agar diketahui secara menyeluruh dan dimanfaatkan.

“Sebagai upaya percepatan, para kepala dusun telah saya minta melakukan layanan jemput bola atau door to door ke rumah warga. Semoga program ini bisa dimanfaatkan baik oleh warga, sehingga pembenahan administrasi pertanahan di Desa Saukang menjadi lebih tertib,” harapnya.

Sementara Pegawai Bidang Penetapan Hak dan Pendaftaran Kantor Pertanahan Kabupaten Sinjai, Fatmawati mengaku bahwa program PTSL tahun 2022 yang didapatkan Desa Saukang merupakan lanjutan dari program tahun 2019 lalu.

Untuk tahun 2022 ini, kata Fatmawati, Desa Saukang mendapat kuota sebanyak 647 untuk bidang tanah.

“Sejauh ini sudah ada seratusan warga yang sementara melakukan proses kelengkapan berkas dan ada sekitar 40 bidang dinyatakan lengkap untuk proses penerbitan. Semoga kerjasama yang baik dengan Pemdes Saukang dan peran serta masyarakat, capaian target bisa kita selesaikan. Perkiraannya hingga September 2022 mendatang,” tuturnya.

* Adapun syarat pengajuan PTSL diantaranya:

1. Fotokopi KTP
2. Fotokopi Kartu Keluarga.
3. Fotokopi SPPT-PBB terbaru.
4. Surat pernyataan penguasaan fisik (Surat hibah, akte jual beli).
5. Menyiapkan biaya materai, dan biaya patok.

 

0 Komentar


Ini adalah website resmi pemerintah Desa Saukang, melalui website ini kami berkomitmen untuk mewujudkan transparansi pengelolaan Desa untuk kemajuan kita bersama. Saran dan masukan kami harapkan dari semua warga Desa.

Lokasi Kantor Desa

JL. Bonto Karebba No. 1, Dusun Dompili, Desa Saukang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Kode Pos: 92671.

Pemerintah Kabupaten Sinjai

Dukcapil Kabupaten Sinjai

Kecamatan Sinjai Timur

Statistik Pengunjung

0 0 0 3 4 6
Views Today : 5
Views Yesterday : 5
Views Last 7 days : 36
Views This Month : 60
Who's Online : 0
Your IP Address : 35.172.223.251
Server Time : 2022-08-09